Layanan TikTok Shop akan resmi hadir di Tokopedia, lewat kemitraan strategis antara PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk dan TikTok.
Kedua perusahaan mengumumkan kerja sama e-commerce dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.
Dengan adanya kerja sama ini, secara khusus TikTok Shop akan beroperasi dan dikendalikan di bawah naungan PT Tokopedia.
tafansa.id mengutip dari newsroom.tiktok.com pada Senin (11/12), selain bertujuan memperkuat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia, kemitraan ini juga difokuskan pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi para penggiat UMKM nasional.
Melalui kesepakatan ini, TikTok bersama GoTo akan menyediakan manfaat yang lebih luas lagi bagi para pengguna, serta pelaku UMKM di Indonesia.
Bisnis Tokopedia setelah digabungkan dengan TikTok Shop Indonesia akan membawa keuntungan bagi GoTo, yang akan tetap memegang mitra ekosistem bagi Tokopedia, termasuk menjangkau pasaran yang lebih luas.
Dengan adanya layanan digital yang ditawarkan GoTo Financial dan on-demand service dari Gojek, GoTo juga akan mendapatkan aliran pemasukan dana dari Tokopedia seiring dengan skala pertumbuhan dari perusahaan.
Sementara itu, kampanye bertajuk ‘Beli Lokal’ akan diluncurkan mulai tanggal 12 Desember 2023, dalam rangka menyambut event Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), yakni event gagasan pemerintah yang ditujukan untuk mendorong perkembangan ekonomi digital melalui pemberdayaan UMKM lokal.
Kampanye ‘Beli Lokal’ akan hadir secara resmi di aplikasi TikTok dan Tokopedia. Melalui kampanye ini, berbagai jenis merchant dengan produk lokal Indonesia akan dipromosikan secara langsung.
Jenis-jenis Program Dukungan UMKM dari TikTok dan Tokopedia
- Promosi produk-produk Indonesia di platform TikTok dan Tokopedia
- Pemusatan UMKM, dengan mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi para pelaku UMKM Indonesia. Melalui program komprehensif yang mendorong perkembangan keahlian dan akses sumberdaya mulai dari tahap awal produksi hingga ke penjualan
- Dukungan pemasaran, branding produk, dan praktik bisnis berkelanjutan bagi para pedagang
- Mendukung pelaku usaha lokal untuk mempromosikan produknya di pasar internasional
- Membuka pusat pengembangan talenta digital di seluruh Indonesia
- Memastikan lokapasar dengan persaingan yang wajar
Dalam kurun waktu 5 tahun kedepan, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo akan terus berkomitmen untuk membagikan manfaat yang lebih luas bagi para pengguna, sekaligus mendukung kegiatan UMKM di Indonesia, dengan memanfaatkan platform e-commerce.
Pelaksanaan program kerja sama ini diharapkan dapat diselesaikan pada kuartal pertama tahun 2024.