Ilustrasi Melaksanakan SOP

Hallo, sobat retail. Buat kamu yang sedang bekerja di Indomaret pasti tidak asing dengan 7 kosakata pelayanan. Yup, 7 kosakata pelayanan adalah salah satu SOP yang harus dilaksanakan sebelum memulai buka toko dan pekerjaan lainnya.

Penerapan 7 kosakata pelayanan yang rutin dan dilakukan dengan benar, dapat menarik minat konsumen untuk belanja di toko. Secara tidak langsung, interaksi dari kru toko dapat membangun relasi yang baik antar kru dan pelanggan.

 

BACA JUGA

 

7 Kosakata Pelayanan Indomaret

Sebelum memulai pembacaan 7 kosakata pelayan, kedua tangan berada di depan dada dengan telapak tangan saling melekat. Lalu, ucapkan, "7 kosakata pelayanan," seraya kedua tangan menunjukkan bilangan angka tujuh, disusul dengan melekatkan kembali kedua telapak tangan.

Ucapkan, "Kosakata satu," seraya tangan kanan menunjukkan bilangan angka satu, disusul dengan melekatkan kembali kedua telapak tangan. Untuk selanjutnya, setiap selesai menyebutkan kosakata pelayanan, lakukan hal serupa dengan menambah bilangan satu per satu.

1. Selamat datang di Indomaret, selamat belanja.

Posisi telapak tangan masih saling melekat. Kepala mengangguk sedikit dengan tatapan ke arah konsumen, ingat untuk memberikan senyum manismu.

2. Selamat pagi/siang/malam.

Sama seperti kosakata pelayanan yang pertama, telapak tangan melekat dengan kepala sedikit mengangguk. Kosakata pelayanan ini lazim digunakan di lorong toko ketika menyapa konsumen.

3. Pak/Bu, ada yang bisa saya bantu?

Telapak tangan saling melekat, setelah menyapa pelanggan dengan kata "Pak" atau "Ibu", lebarkan kedua tangan dengan telapak tangan mengarah ke atas.

4. Silakan, Pak/Bu, keranjang belanjanya.

Bayangkan kamu sedang memegang keranjang belanja, posisi tangan kanan berada di atas seolah menggenggam gagang keranjang belanja, sedangkan kanan kiri seolah menopang keranjang belanja.

5. Mari saya antar ke tempatnya.

Buat gerakan seolah-olah kamu sedang "mempersilahkan", kedua tangan ke arah kanan dengan telapak tangan mengarah ke atas.

6. Terima kasih, sampai belanja kembali.

Kedua telapak tangan saling melekat, kepala mengangguk sedikit.

7. Mohon maaf.

Mirip dengan gerakan kosakata pelayanan pertama; kedua; serta keenam. Kedua telapak tangan tetap saling melekat.

 

Itu dia 7 kosakata pelayanan Indomaret. Pada saat SOP sebelum bekerja, 7 kosakata tersebut dapat diucapkan persis seperti yang tertera di atas, namun saat melayani konsumen 7 kosakata pelayanan tersebut dapat diimprovisasi sesuai situasi dan kondisi.

7 kosakata pelayanan di atas Tafansa dapat pada akhir tahun 2021, mungkin akan ada perubahan seiring berjalannya waktu. Semoga bermanfaat. Apa kabar Indomaret?

Tafansa harap kamu berkenan membaca artikel menarik lainnya yang ada di situs tafansa.id ini.

 

Sumber gambar: Gambar 7 Kosakata Pelayanan Indomaret | youtube-Dzakia Rikzatunnisa sofyan