5 Soft Skill yang Dibutuhkan dalam Pekerjaan
Tidak hanya keterampilan teknis atau hard skill, seseorang harus memiliki keterampilan non-teknis atau biasa disebut dengan soft skill.

Dunia kerja menuntut setiap orang untuk memiliki keterampilan. Tidak hanya keterampilan teknis atau hard skill, seseorang yang ingin mendapatkan pekerjaan harus memiliki keterampilan non-teknis atau biasa disebut dengan soft skill.
Hard skill memang merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Terlebih jika kemampuan tersebut mampu mendominasi dan menjadi ciri khas dari seseorang.
Namun, memiliki dan meningkatkan soft skill juga tidak kalah penting. Soft skill berguna untuk mendorong profesionalisme seseorang ketika mengerjakan suatu tugas.
Apa Itu Soft Skill?
Soft skill merupakan kemampuan atau keterampilan yang dimiliki seseorang secara alami, seperti kecerdasan, komunikasi, dan lain sebagainya. Soft skill umumnya dapat dipelajari dan ditingkatkan melalui latihan yang sungguh-sungguh.
Soft Skill yang Dibutuhkan dalam Pekerjaan
Memiliki keterampilan teknis saja ternyata belum cukup untuk bersaing di dunia kerja saat ini. Seseorang harus memiliki soft skill untuk mendapatkan tempat di tengah ketatnya kompetisi global. Berikut adalah soft skill yang dibutuhkan dalam pekerjaan:
1. Manajemen Waktu
Soft skill pertama yang sangat dibutuhkan di dunia kerja adalah manajemen waktu. Keterampilan dalam mengatur waktu akan membantu seseorang tetap produktif dan efektif dalam bekerja. Manajemen waktu juga menjadi nilai plus karena merupakan disiplin diri yang sangat penting dalam dunia kerja.
2. Berpikir Kritis
Berpikir kritis adalah keterampilan yang tidak dimiliki semua orang namun sangat dibutuhkan dalam pekerjaan. Kemampuan berpikir kritis membuat seseorang lebih rasional dalam menyelesaikan suatu masalah. Membaca buku dan debat dapat membantu mengasah kemampuan berpikir kritis.
3. Pemecahan Masalah dan Inovasi
Dalam dunia kerja yang penuh dengan perubahan, kemampuan berinovasi dan memecahkan masalah sangatlah menjadi nilai tambah. Skill ini akan memudahkan siapapun dalam menghadapi berbagai tantangan dalam dunia kerja!
4. Kepemimpinan
Jiwa kepemimpinan tidak harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Mengambil tanggung jawab yang lebih besar dan memotivasi rekan kerja dapat menjadi dua langkah awal untuk berlatih menjadi seorang pemimpin dalam sebuah kelompok.
5. Public Speaking
Public speaking sangat penting terutama bagi seorang pemimpin dalam perusahaan. Setiap orang bisa melatih kemampuan public speaking dengan banyak mendengar public speaker, dan terus berlatih baik di depan teman ataupun keluarga.
Itulah daftar soft skill yang dibutuhkan dalam pekerjaan di era sekarang. Tidak menutup kemungkinan banyak soft skill lainnya yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Oleh sebab itu, terus tingkatkan keterampilan dan pengalaman.